Sabtu, 25 Juni 2016

Bismillahirrahmanirohim..



Memulai menulis ini sejujurnya sangat berat, bahkan untuk memulai nya saja berat, karena aku harus flashback kenangan yang begitu manis namun menyediihkan beberapa hari yang lalu, iya 17 ramadhan 1437 H disaaat lagu humood diputar yang berjudul 'bil qur'an ehtdaitu 3' dan menjadi lagu yang tidak akan pernah aku lupakan dan bikin baper hmm..

Ditulisan kali ini aku akan menceritakan 10 hari ku bersama perempuan-perempuan sholihah calon penghuni surga dalam acara SEMIQU (Semangat Mencintai Al-Qur'an) atau gampangnya Dauroh Qur'an yang diadakan 10 hari di bulan Ramadhan dengan target hafalan min 2 juz.

----
Semuanya berawal dari broadcast acara ini di whatsApp, ketika baca jarkoman nya, gak tahu kenapa langsung tertarik dan langsung pengen daftar, karena ngerasa kayaknya sayang kalo di bulan Ramadhan gak di isi dengan kegiatan yang bermanfaat kaya dauroh macam ini, karena beberapa temen-temen di kampus juga udah pada caw berangkat dauroh quran di berbagai macam daerah, makanya biar ramadhan nya maksimal akhirnya aku memutuskan untuk daftar.

Ketika daftar, cukup kepo sih jadi nanya macem-macem sama cp, cuman ya wajar kan namanya juga peserta yang polos dan gak tahu apa-apa, jadi kepo-kepo gitu deh. Dauroh kali ini alhamdulillah aku gak ikut sendiri hehe, jadi aku ngajak beberapa temen di kampus, soalnya ya biar rame aja gitu, mereka antara lain my roommate si irul yang pulang dulu ke madiun baru ikut dauroh, terus ada ukh qonita yang gak pulang ke sidoarjo demi ikut ini, dan ada ukh maryam yang udah daftar tapi pas hari H gabisa ikut karena ada urusan keluarga, oia dan aku ngajak satu orang spesial lagi, bukan anak uin sih cuman karena abis dauroh bareng jadi deket, namanya mbak melani dari ub, dan ternyata mba mel ngajak adiknya dari semarang, hwoaaa makinn banyak orang makin seru nih fikirku..

---
H-2 Sebelum Dauroh Quran dimulai, kami para peserta dijarkom oleh panitia untuk membawa beberapa perlengkapan untuk dauroh dan diberitahu harus datang hari senin 13 Ramadhan 1437 H, yang awalnya dijarkoman itu tgl 14 juni, jadi dipercepat 1 hari, hmm okelah untungnya aku gak ada schedule untuk tgl 13 juni, jadi di hari senin itu aku dan beberapa teman-teman dari uin berangkat, yang harusnya jadwal check in nya jam 08.00-11.00, tapi kita baru berangkat dari rumah jam 11.00, duh dasar emang gak bisa ontime banget yak, hehe ya soalnya si irul dan qonita masih ada urusan di kampus, jadi aku harus nungguin mereka biar bareng berangkat nya dan meskipun berangkatnya bareng tapi akhirnya kita terpisah juga dijalan, hmm selalu deh pasti gak bisa kompak, jadi akhirnya aku sampe duluan ke lokasi, 

Kalau dari ancer-ancer yang dikasih panitia, lokasi dauroh nya itu di pondok pesantren al firqoh an najiyah atau di samping masjid ungu di depan sawah, untungnya ketika dikasih ancer-ancer (read:petunjuk jalan) gak terlalu sulit, jadi pas sampe ke lokasi sekitar pukul 11.45 dan langsung registrasi, pas registrasi disuruh ngisi formulir dan dikasih kit, kalian tau kit nya apa aja? kit nya itu (Qur'an Tiqrar (quran hafalan), dzikir pagi dan sore, sticker semiqu, dan kartu setoran) pas dikasih qur'an aku kira dipinjemin, eh ternyata dikasih, ya Ampun seneng banget, soalnya dari dulu pengen punya qur'an ini, eh sama Allah malah dikasih.

Ketika masuk asrama, aku langsung melihat beberapa mbak-mbak memakai cadar sambil duduk, kaya guru ngaji gitu wes, tak kira mbak-mbak nya itu mau ngaji, eh tau-tau nya beliaulah para ustadzah yang nge-test kami para peserta semiqu, jadi ada 1 lembar yang isinya beberapa ayat Al-Qur'an dan kita disuruh baca, dan mau tau hasil nya itu gimana? hasil nya itu kita dibagi-bagi menjadi beberapa Halaqoh Tahfidz.

---
"mbak.. mbak,, adik-adik.. yuk ke aula ya, acara pembukaan sudah mau dimulai" begitu kata panitia yang mengusik obrolan beberapa peserta yang sedang kenalan, karena hari ini hari pertama kita datang kesini . Kita pun langsung ke Aula, di Aula sudah banyak mbak-mbak yang memakai cadar yang mondar-mandir ngurusin acara pembukaan, dari memastikan LCD, laptop, speaker, dan mic. Disini aku udah awesome banget sama para panitia nya, semuanya akhwat yang ngurus, gak ada ikhwan sama sekali, berbeda banget kalo di kampus, kadang kalau hal-hal teknis kaya gitu, ikhwan yang ngurus, kalo akhwat ngurus konsumsi aja, tapi kalo ini semuanya akhwat. hmm ketjhe.

Acara pembukaan pun dimulai, ya biasa ada sambutan-sambutan dari ketua pelaksana, ketua organisasi, mudir maltiq putri, dan dijelaskan acara semiqu selama 10 hari, sama dikasih tahu video profile maltiq putri. hmm pas nonton videonya ngerasa keren aja gitu, semuanya bercadar. Karena kalo dikampus (read:uin malang) yang bercadar masih minoritas, dan disini mbak-mbak itu sangat-sangat keren, mereka berprestasi dan suka jalan-jalan juga. Olahraganya memanah, berkuda, berenang, dan yang paling keren mereka hafidzah 30 juz, masyaAllah.. semoga jadi  keluarga Allah ya, dan semoga kita juga bisa mengikuti jejak kalian :*

Ketika dijelaskan schedule acara oleh panitia acara yang bernama ukhti hanata, atau aku manggil nya mbak hanata, padahal kalau segi usia dibawah aku, tapi karena aku peserta, dan beliau panitia jadinya aku panggil mbak semua. hehe

Acara setiap hari akan dimulai pukul 02.00 pagi, jadi jam 02.00 kita peserta akan dibangunkan, lalu akan ada halaqoh tahfidz, halaqoh tahfidz ini kita melingkar bersama beberapa teman-teman yang sudah di kelompokkan dan ada ustadzah nya yang mendampingi, ustadzah nya ini menyimak hafalan baru kita, membenarkan bacaan kita, dan memotivasi kita. Halaqoh tahfidz yang pertama selesai jam 04.00 pagi, dan dilanjutkan dengan sahur, cuman di kelompok ku pasti selesainya jam 03.30 soalnya biar kita gak ngantri nanti sahur nya, abis sahur kalo masih ada waktu bisa diisi dengan murojaah, atau mandi, atau [tidur lagi] wkwk, abis itu nanti ada mbak-mbak panitia yang akan datang ke kamar-kamar buat bangunin kita, kalau kita susah dibangunin akan ada suara "dok.. dok.. dok.. (sambil mukul-mukul papan) ukhti, ayo bangun, udah adzan shubuh, yuk segera sholat, jangan sampe masbuk lho" teriak para panitia yang begitu sabar membangunkan kita. Lalu kalau kita masih gak bangun juga, mereka dengan sabar nya satu per satu langsung turun pegang kaki kita, sebut nama kita "mba ade, ayo bangun mbak, ayo bangun" duh gak bisa aku lupakan suara ukhti asma kalau bangunin pagi-pagi, lalu kita berjamaah sholat shubuh di Aula, dengan para imam ustadzah-ustadzah kita, yang surat nya pasti jarang surat pendek, hmm jadi kadang cuma bisa dengerin aja. Tapi gapapa, itukan murojaah para ustadzah.

Biasanya sholat shubuh selesai pukul 04.45, dan halaqoh tahfidz 2 mulai pukul 05.00 deng dengg... kalau yang rajin biasanya ngisi waktu 15 menit ini buat murojaah sambil nunggu ustadzah dateng, tapi kalau yang males (kaya aku, eh enggak sering-sering tapi kok) pasti tidur lagi, soalnya 15 menit itu sangat berharga deh... lalu mbak-mbak panitia bakalan datang lagi "ukhti, ayo bangun, halaqoh tahfidz 2, udah ada ustadzah nya loh" kalau kita masih gak bangun juga, biasanya ustadzah nya yang langsung turun ke kamar-kamar, bangunin anak-anak nya, kadang kalau ustadzah ku datang terus bilang "ade... ade.. ayo halaqoh, ade ayo bangun" aku langsung bangun, cuman pas ustadzah pindah kamar bangunin yang lain, aku bobo lagi. hahahaha dan pas bangun-bangun tiba-tiba penghuni kamar udah gak ada semua, dan aku langsung buru-buru ke halaqoh dan bilang ke mbak nya (read:ustadzah) "mbak, ayo mulai yuk halaqohnya, abis itu aku izin ke toilet cuci muka" haha itu kebiasaan ku. Lalu halaqoh kedua berakhir jam 7 pagi, dan kita mandi.

Mandi juga bagian dari mempererat persaudaraan kita, karena dengan jadwal mandi 30 menit, dengan 50 peserta, dengan 3 kamar mandi ditambah 4 kamar mandi panitia, itu rasanya tetap gak akan mandi semua. haha. yailah, paling yg rajin aja yang mandi pagi, kalau yang males, mandi nya suka-suka, kadang waktu abis sahur, sebelum djuhur, setelah djuhur, setelah ashar, abis magrib, abis halaqoh, ya pokoknya peserta yang mandi nya tidak mengikuti jadwal biasanya gak mau ngantri wkwkw. Atau emang sukanya mandi di waktu-waktu tertentu, kaya aku awalnya mandi pagi setelah sahur, tapi karena range waktu ba'da sahur ke shubuh itu lama, dan aku kalo udah mandi pasti udah seger, jadinya gak bisa tidur lagi, maka dari itu aku memilih untuk mandi nanti setelah halaqoh tahfidz 2, dan ketika ngantri mandi juga kita bisa ngobrol sama peserta lain dan saling mengikat ukhuwah *ciye.

Halaqoh tahfidz dimulai lagi pukul 08.00 sampai jam 09.30 dengan agenda yang sama, dibuka oleh ustadzah dengan doa, kalau mau setoran hafalan baru monggo disetor, kalau mau ngafalin monggo mojok sama tikrar nya, kalau bosen monggo ngobrol wkakaka.. yang terakhir sering banget nih aku lakuin (mohon maaf ya halaqoh shofiyah, aku suka cerita pas halaqoh, soalnya bosen wkwk)

lalu setelah jam 09.30 kita break sebentar, 15 menit buat sholat dhuha dan lanjut lagi 09.45-11.00 dengan rutinitas yang sama, cuman setelah ini ada yang spesial loh, jadi dari jam 11.00 sd 11.30 kita dikasih waktu Qoilulah (read: tidur siang sedikit) dan ternyata itu sunnah loh

Rasulullah SAW Bersabda : "Lakukanlah Qoilulah, karena sesungguhnya setan itu tidak tidak berani Qoilullah" (HR. At - Thabrani)
 Dan aku semakin suka sama acara ini, karena bener-bener memperhatikan kebaikan peserta gitu, jadi kalau udah jam 11.00 kita udah masuk kamar, dan berjamaah untuk tidur siang. Lalu tidak berasa sudah pukul 11.45 (kelebihan 15 menit nih tidur siangnya :D) ada panita lagi yang "dok dok" ngebangungin kita buat sholat djuhur.

Lalu kita sholat djuhur dan setelah itu halaqoh Tahfidz yang kelima sampai jam 14.30. Oia aku belum memperkenalkan halaqoh ku ya, halaqoh tahfidz ku bernama Halaqoh Shofiyyah, jadi semua halaqoh disini, ada namanya ada 9 halaqoh kalo gak salah, nah salah satunya halaqoh shofiyyah. Halaqoh shofiyah ini terdiri dari 7 muslimah, salah satunya ustadzah kita. Namanya Ustadzah Vindy Rosaline, yang suka banget aku gombalin, wkwkw terus ada aisyah, caca, nia, kintan, dila, dan ade. Pas yah ber enam, di halaqoh shofiyah menurutku tuh unyu sekali soalnya ada 4 orang yang suka ngobrol, dan 2 orang yang fokus hafalan, maafkan kami ya dila dan kintan, jadi merasa bersalah wkwkw.

Makanya kata mbak vindy, halaqoh ini lah yang rame, karena ada caca kali yak? wkwk soalnya dia maskot nya, yang udah tahu banget sama al firqoh an najiyah karena dia udah pernah nyantri sabtu-ahad disini, halaqoh kita itu gak ada berhenti nya buat ngakak, mungkin karena cerita terus kali ya, tapi gak tau kenapa ya, aku merasa bersyukur bisa ada di halaqoh ini, karena dengan kita berdiskusi apapun, terutama tentang islam dengan mbak vindy, jadi ngerasa keberkahan dan kebermanfaatan itu amat banyak hehe

---
Udah panjang banget ya tulisan nya?
duh padahal 10 hari kebersamaan kita itu emang gak cukup hanya ditulis menjadi satu postingan disini, tapi insyaAllah akan aku selesaikan kok. Bismillah lanjut ya :)
semoga gak bosen bacanya, meskipun aku ngetiknya udah lumayan pegel nih wkwkw
---

Pukul 14.30 ialah waktu kita untuk siap-siap sholat ashar berjamaah di aula, lalu lanjut mandi, dan jam 16.00 akan diiring panitia untuk ta'lim di aula bersama pemateri yang kethe abiz.
Dari beberapa materi yang diberikan, insyaAllah semua materi nya sangat-sangat mengena' dan bagus sekali. Ada materi motivasi menghafal al-quran, materi hari akhir, tazkiyatun nafs, thibbun nabawi, sunnah-sunnah fitroh, dan berbagai macam materi di ta'lim yang bikin aku excited.

Biasanya ta'lim selesai pukul 17.00 dan kita disuruh untuk wudhu dan siap-siap berbuka, cuman aku sering kebalik, biasanya kalau udah jam 17.00, aku bakalan ngobrol sama temen-temen ku, atau para peserta, abis itu "duk duk" adzan magrib, dan berbuka pakai air mineral al umm, kurma 3 butir, dan kue-kue enak, setelah aku berbuka aku baru wudhu dan sholat magrib berjamaah. yang imam nya pake mic jepit dan suratnya pasti bukan juz 30. hehe

Lalu lucunya (semoga beneran lucu) wkwk , kan harusnya setelah kita sholat magrib kita melaksanakan sholat ba'diyah magrib ya, tapi kadang banyak peserta semiqu setelah assalammualaikum lalu doa sebentar dan langsung pergi ke ruang konsumsi, sampe pernah ada panitia yang bilang "ukhti, kalau setelah sholat magrib, jangan lupa ba'diyah dulu ya, baru makan" hehe mungkin saking lapernya kali ya, cuman Alhamdulillah kalo aku bisa menahan sedikit lah, jadi pasti ngantri nya agak dibelakang karena menunaikan sunnah ba'diyah magrib dulu. Soalnya pernah denger juga dari ust, Yusuf Mansur, kalau sunnah rawatib itu ibarat sayap nya sholat wajib, jadi kalau kita mengerjakan nya setengah-setengah ataupun tidak sama sekali, kita ibarat seekor burung yang tidak memiliki sayap. Gak mau kan, punya tubuh burung tapi gak bisa terbang?? meskipun kita sadar kita manusia, tapi itu perumpamaan aja loh hehehe

Okey, lanjut ya, ketika mengantri makan juga bagian dari meningkatkan ukhuwah, kita jadi tahu saudara kita gak suka makan apa, jadi tahu dia favoritnya makan apa, jadi tahu dia makan nya banyak atau sedikit, sampe-sampe pernah ditulis sm panitia juga dikertas diatas makanan begini tulisannya [Bakso 2/ orang ya] kenapa ditulis seperti itu, karena itu reminder untuk kita kalau kita gak boleh makan sesuka kita, kita harus ingat ada saudara kita yang sama-sama puasa, yang sama-sama laper, dan sama-sama antri dan harus kebagian. Jadi berbagi itu kunci nya

Hari pertama kita makan malam nya spesial, yaitu ayam goreng tepung dan sayur kalo gak salah (lupa sayur nya apa), dan makan-makan lain nya baik itu sahur dan berbuka juga sangat spesial karena enak-enak semua, dan unpredictable banget deh bisa dapet menu-menu yang enak enak hehe, sampai kadang kalau tarawih kita ngantuk mungkin karena terlalu banyak kali ya makan nya? whaha

ketika makan juga kita halaqoh lagi, kita cerita banyak hal, ngakak bareng-bareng, dan yang harusnya makan bisa selesai 10-15 menit, karena banyak cerita nya jadi 30 menit lebih hehe, bahkan sampai adzan isya masih belum selesai , sampai ada panitia yang dateng buat ngingetin sholat tarawih, atau mbak vindy yang suruh aku berhenti cerita hehehe

Lalu kita sholat tarawih di masjid, karena ruangan akhwat sama ikhwan nya cukup terpisah, meskipun dalam satu bangunan, biasanya aku selalu mengincari di shaff-shaff belakang, kalau gak kedua ya ketiga, kalau para panitia dan ustadzah pasti di shaff pertama.

Dan imam sholatnya itu santri dari pondok Al Firqoh An Najiyah, dengan 2 ronde. 1 ronde sholat isya dan 4 rakaat pertama, lanjut berganti imam di 4 rakaat terakhir dan witir, sholat sekitar 1 jam 15 menit ditambah ceramah, dengan bacaan diatas juz 10. Jadi kalau disela-sela sholat ngantuk, atau berasa capek banget pengen istirahat fikiranku cuma satu, kalau belum kaki ini bengkak-bengkak karena Sholat, berarti belum seperti sholat Rasulullah. Jadi harus tancap gas sampe selesai salam.

Dan sering banget kalau mau sholat sendalku gak ada, hiks pasti digosob fikirku, dan pas aku udah sampe masjid bener kan ada sendalku, cuman mau tau orang yang pake kadang males juga, sampai hari terakhir sholat tarawih disana aku bilang sama caca "ca, ayo ndang kita harus cepet-cepet kemasjid sebelum sendal aku di gosob" dan alhamdulillah nya masih ada sendal nya, namun pas selesai sholat tarawih ya bener aja, sendal nya udah gak ada lagi. Duh aku udah gak abis pikir, kenapa harus sendalku yang digosob wkwk. Mungkin favourite kali yak wkwkw.

selesai sholat tarawih, kita siap-siap halaqoh terakhir hari ini, yaitu halaqoh ke enam, dengan rutinitas seperti biasa dibuka oleh ustadzah, dan siap-siap setoran bagi yang sudah punya hafalan baru, kalo belum ada silahkan mojok sama tikrar nya terus ngafalin ayat yang baru yang siap disetor, cuman kalau halaqoh malam ini sangat spesial, karena panitia pasti ngasih sesuatu kaya buah (like : semangka, melon) kadang ada es buah, ada agar, ada teh, ada kopi, ada gorengan, ada kue. Pokoknya asik deh kalo halaqoh malam. yang sakit juga kadang dibuatin ramuan madu yang enak sekali.

Makasih yah mbak-mbak panitia nan sholihah..

Halaqoh terakhir diselesaikan pukul 22.00, namun buat aku, caca, aisyah, dan nia itu ialah awalan kita membuka kisah-kisah yang bisa diceritakan wkwkw.. dan biasanya kita selesaikan jam 23.00 karena takut gak bangun nanti, itupun gak tiap hari karena pernah ada satu hari kita harus melakukan pengobatan massal.

Kalian tahu? lebih dari 5 peserta dauroh semiqu mulutnya sariawan, aku baru kali ini merasakan sariawan berjamaah, haha terus kita sama-sama pake obat yang dibawain mamah nya caca, terus pake albothil bareng-bareng, waktu itu ditemenin ukhti aidyaa yang sambil nontonin kita pake albothyl ngetawain aku hem

coba kalian bayangin yah, apa penyebab sariawan massal ini? kalau dari segi gizi, sayur dan buah aku rasa kita sudah tercukupi, masa karena kita ngaji terus ? ah gak mungkin lah wkwkw

tapi emang yah gak akan terlupakan masa-masa sariawan berjamaah. wkwkw
---
pas ta'lim juga waktu itu kita ada sesi ta'aruf yang dimana nya semuanya perkenalan diri, dari nama, asal, motivasi, dll.. aku harusnya pas sesi ta'aruf bilang bukan mahasiswi semester 7 kali ya, kayaknya kalo aku pura-pura jadi anak sma masih cocok wkwkw. wong aku dibilang anak-anak kayak bocah kok. hem sedih yah? padahal lagi nyusun skripsi nih *hazek*

dan pernah pas tabligh akbar pagi-pagi yang ngisi suaminya ustadzah iin, ustadz hari kalo gak salah, jadi beliau ngisi 2 materi, yang pertama tentang ilmu yang kedua tentang problematika ummat, karena aku sering ngantuk, maka cara menyikapi nya ialah dengan berbicara, jadi pas ustadzah iin pegang mic, dan posisi aku lagi nunduk karena ngantuk, aku denger ustadzah iin itu bilang "ada yang mau bertanya?" lalu aku yang abis nunduk, langsung ngacung padahal gaktau mau nanya apa, soalnya sebelumnya 50% dengerin, 50% nunduk, nah pas aku nunduk aku inget ada disebut-sebut problematik ummat, yaudah aku nanya aja tentang itu, eh tau-tau nya itu materinya belum dibahas, duh dodol banget emang si ade, nekat yang gak tau malu wkaka..

untungnya bisa dijawab ustadz dengan sebaik-baik jawaban, jadi aku gak terlalu malu lah dengan kenekatan ini wkakaka

---
Ohiya, kalian harus tahu selama dauroh ini, kita sama sekali tidak memegang alat komunikasi bernama handphone, jadi memang kita fokus 10 hari dengan qur'an dan teman-teman disini, dan itu yang bikin kita kompak dan saling mencintai karena Nya, jadi emang buat kita fokus. 

---
Hari terus berlalu, insyaAllah ini paragraf terakhir yang aku tulis disini, padahal masih mau cerita banyak banget, tapi karena udah terlalu panjang insyaAllah sebentar lagi diakhiri ya, 

Ceritanya hari selasa pagi di halaqoh tahfidz kedua, ketika aku mau setoran, entah kenapa aku udah gak bisa tahan lagi, dan ujung-ujung nya nangis, padahal malu banget, gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba pas mau setoran nangis, apalagi ketika sariawan, sakit tenggorokan, suara serak dan batuk-batuk semakin membuat aku mellow pagi itu, dan ketika mau membaca qur'an tes.. tes.. tess.. tissue yang udah aku siapin buat bersin-bersin jadi beralih fungsi untuk air mata ku yang tiba-tiba membludak, mungkin kalian yang lihat aku nangis waktu itu bingung ya kenapa? Intinya aku sedih aja, udah 8 hari disini :'( udah banyak yang dikorbanin juga, tapi ngerasa gak maksimal disini, lebih banyak tidurnya dari ngaji nya, lebih banyak ketawanya dari pada muhasabahnya, lebih banyak ngakak nya dari pada ngafalnya, beneran malu banget sama diri sendiri yang udah usia kepala dua, hafalan nya masih sangat-sangat jauh dari sempurna, bacaan nya masih belum lancar kaya jalan tol, pokoknya sedih dan menangisi diri sendiri deh pas pagi itu, mohon maaf ya halaqoh shofiyah yang waktu itu bingung tiba-tiba aku baper hehe semoga bisa berubah yah setelah ini

----
dan... dengdengdeng..
malam terakhir pun datang, kita benar-benar mengisinya dengan kebersamaan yang gak mau kita akhiri, rasanya 10 hari bersama kalian itu amat sebentar ya, tapi semoga dengan waktu yang sedikit di dunia ini kita akan bisa selama-lamanya di Syurga ya ukhti,,

pagi itu hari Rabu, tepatnya di 17 Ramadhan, atau 22 Juni 2016 kami menyelesaikan setoran kami, kami menyelesaikan halaqoh tahfidz kami, kami mengakhiri lingkaran kecil selama 10 hari yang sulit kita lupakan, semuanya begitu romantis dan membuat kita ingin bisa seperti itu lagi.

Namun, panitia punya skenarionya sendiri, kita sekitar jam setengah 6 diajak jalan-jalan kesawah dan melakukan pra penutupan yang foto-foto nya akan ada dibawah ini. Setelah itu kita bersih-bersih terakhir dan melaksanakan ila liqo di aula, ini benar-benar momen yang begitu menyedihkan cuman harus kita lalui. Betapa Allah dengan Skenario Nya mempertemukan kita disatu atap, yang isinya para muslimah yang tak ada henti-henti nya mulutnya berzikir menyebut namanya, meram nya sambil melafadzkan ayat-ayat Nya, dimana semuanya berorientasi pada Allah SWT.

----
Dan yang terakhir kali (insyaAllah ini beneran udah yang terakhir)..
terima kasih untuk anti yang tidak bisa ana sebutkan satu per satu disini, para peserta semiqu angkatan pertama, yang dengan mengingatmu mengingatkanku akan qur'an tiqrar kita, terima kasih untuk seluruh panitia semiqu yang sangat hebat dan super totalitas, aku belajar banyak dari kalian, dan untuk ustadzah-ustadzah kita di halaqoh (mbak vindy, mbak muthia, mbak amiroh, mbak jannah, dan lain-lain) terima kasih ya mbak atas waktu nya membersamai kami, kesabaran nya yang sangat luar biasa, dan motivasi yang diberikan pada kami. Semoga Allah membalas kebaikan kalian dengan sebaik-baik pembalasan.

Mohon maaf dari aku pribadi (read:ade sofiarani) yang punya banyak salah ketika 10 hari kemarin, semoga Allah mempertemukan kita lagi di tempat terbaik Nya.
----
Hari terakhir kita bersama-sama di sawah :')

Halaqoh Shofiyyah :: Jazakillah wa ahsanal jaza ukhti <3

Allahu Akbar !


Persiapan sebelum pra penutupan di sawah :D



Halaqoh Shofiyaah bersama Ustadzah yang dapat hadiah

Salam Tauhid setelah dauroh

Terima Kasih SemiQu


---
Ukhti, Semoga dalam tiap takdir kejatuhanmu, semoga tertakdir pula uluran tanganku. Uhibbukifillah wa lillah..

Ditulis di Jakarta, 21 Ramadhan 1437 H
Jam 12.55 WIB

With Love,
Ade Sofiarani



4 komentar

Uwoooooo gatau harus respon kyk apa yg tak kasih mba ade. Bacanya senyum, pen nangis, merinding (sakinmanisnya kata2 yg mba ade pake), wes kyk nano2 wes pokoknya. Ga ngira SemiQu bakal begini berkesannya buat mba ade. Makasih ya mbaaaa, jazakillahu khoir, uhibbukum fillaah mbaaaaa. Sukses skripsinya ya mba, cepet jd hafidzoh:* sukses dunia akhirat ya mba ade:* :* duh hayati serasa pen nangis pen meluk mba ade({}) :''''')
P.S. Suka banget sama quotes nya mba ade yg bawah sendiri :)

REPLY

sama-sama ya Aidya..
makasih juga loh buat semiQu nya yang bikin kita bisa kenal
semoga semiQu-semiQu kedepan bisa ikut lagi, dan bisa lebih seru dan romantis hehe

REPLY

Maasyaa allah jadi kangen ukhty ade.
Jazaakillaahu khoyron yah sudah dishare di blog ini.. jadi bisa tahu gimana sistem hafalan di pondok yang sampai 6x halaqah tahfizh dalam sehari.
Qoddarallah ana belum bisa ikut semiQu 2x waktu itu.
Semoga Allah menjaga ukhty Ade dengan sebaik-baik penjagaan dari-Nya.

Rani.

REPLY

masyaAllah ada rani, ini rani anak psikologi kan ya?
iya rani sama samaa

waaa harusnya rani, bisa ikut nuh semiqu yg third edition ya besok, semoga ade jg bisa ikut lagi hehe

huaa aamiin. semoga kembali kpd rani juga

with love, Ade sofiarani

REPLY

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates