Rabu, 07 Maret 2018

Aku tidak pernah bisa menjanjikan waktu itu datang nya kapan, waktu yang paling dekat dengan manusia, ketika malaikat izrail hadir untuk mengambil seluruh kehidupan ku, yang aku inginkan cuma satu ketika waktu itu datang, aku sudah siap dan pergi dengan membawa amal sholeh yang bisa mengantarkanku ke surga. @maknahidup_

Postingan kali ini mau gue isi dengan throwback beberapa pengalaman gue yang ingin terabadikan selain dari manusia yang merasakan kesan yang sama, tapi dari susunan kata yang bisa terbang ke udara.

#TentangKontrakan 

Gue sangat senang kalau cerita tentang kontrakan, bagi gue cerita tentang mereka (teman-teman gue yang tinggal seatap adalah hiburan yang bisa bikin gue ngakak-ngakak sendiri maupun tersentuh sendiri karena mereka bak malaikat yang berjilbab, yang dengan memandang nya gue rasa malaikat juga suka)

1. Gue kangen .. kangen ngen banget, dengan temen-temen gue yang suka ngebangunin sholat tahajud, gatau kenapa gue ngerasa mereka itu hebat sekali, gamau ibadah sendirian pengen temen nya yang lagi tidur dapet pahala juga. Ah kangeeen, ambil air wudhu jam 3 atau setengah 4 pagi, lo tau kan malang dingin nya kaya apa, abis ngambil wudhu dan muka masih belom sadar biasanya gigi gue berisik karena ga kuat nahan dingin, abis situ kita sholat sendiri-sendiri, ada yang udah selesai sholat nya dan lanjut tilawah tipis-tipis (maksudnya gak berisik) ga tau mau bilang berapa banyak kata kangen, untuk kalian para pejuang tahajud. Emang bener banget lho, pertemanan dan persaudaraan karena Allah bikin ibadah yang rame-rame itu jauh lebih nikmat daripada sendirian.

2. Gue kangen.. ketika kita mau sholat jamaah, dan selalu saling tunjuk menunjuk siapa imam nya, hwaaaa sumpah gue gakuat nulis nya, pengen kembali ke masa lalu, pengen sholat jamaah sama kalian, meskipun bacaan gue gak terlalu bagus, karena ga ada yang mau jadi imam gue suka menyerahkan diri, semoga sholat jamaah bareng gue diterima ya rek. demi apapun sih kangen bilang kalimat ini "anti lah", "anti aja imam nya", "kayanya tadi ane udah jadi imam, sekarang gantian anti", "udah yuk cepetan, anti aja wes imam nya". Atau ketika kita berebut ambil posisi paling pinggir, biar gajadi imam. Gue kangen ketika mba husna drama wudhu belakangan, abis itu kalo denger udah Allahu Akbar dan beliau baru nimbrung, atau kadang ketika mba husna drama bilang udah, kalo ditanyain udah sholat, dan pas kita sholat dia ikutan nimbrung. Gagal paham sih, betapa takutnya kita buat jadi imam yah..

3. Gue kangen, bubur ayam si mamang. Yang tiap pagi abis talim gue tungguin, gue kangen bumbu kuning dan kerupuk nya, dari harga 6 ribu sampai terakhir udah 8 ribu, 3 tahun ya mang saya bisa jadi pembeli setia

4. Gue kangen, ketika kita melingkar ba'da shubuh buat ta'lim pagi, ah melihat kalian ber mukenah warna-warni dengan mata yang masih pada 50 watt, gue selalu bangga saat temen-temen gue yang begadang karena tugas atau persiapan ujian, dan tetap mau melingkar buat ta'lim. #respect
Gue kangen ketika ta'lim bisa bikin kita ngakak-ngakak karena ngeledekin yang dengerin sambil tidur, gue kangen ketika kita baca almatsurat tapi sering kebalik karena pada gak fokus saling ngantuk nya, gue kangen berebutan ta'lim diatas kasur di ruang tengah syahidah biar ga kedinginan, pokoknya gue kangennnn sekangen-kangen nya bisa ngaji pagi-pagi sama kalian

5. Gue kangen ketika habis ta'lim melihat ada yang rempong ke pasar, pusing mau masak apa, pusing mau beli apa di pasar, dan melihat ada yang sibuk mau olahraga di taman merjosari. Begitupun ketika melihat teman-teman gue yang sibuk ngantri mandi karena kuliah jam setengah 7, atau sibuk ngantri setrikaan

6. Gue kangen masak di kontrakan, dengan budget 20-25 ribu sehari kita harus bisa masak lauk buat pagi dan sore, buat 2x makan, dan dimakan 7-10 orang. Keren gak sih? di jakarta 25 ribu aja kadang susah mau makan apa, apalagi kalau lagi jalan ke mall. Tapi dengan 25 ribu itu gue bisa masak ayam setengah ekor, kangkung, terong dan perkedel tahu. Buat dimakan 9 orang dan 2x makan. ah selalu deh betapa keberkahan itu memayungi kontrakan kita

Gue juga kangen beli gorengan atau kue cucur di pasar merjosari, apalagi sama cilok terenak di malang dimana selama 4 tahun gue kuliah, gue gak pernah nemu cilok yang paling enak selain cilok pasar. 

7. Gue kangen kerempongan masak ber dua atau tiga, kita bagi tugas ada yang nyiangin sayur, nyuci ayam, motong bawang, atau tugas yang paling gue suka adalah eksekusi di penggorengan, menggabungkan bahan-bahan dengan air, lalu irisan bawang merah, putih, dan cabe, ditambah dengan lada halus, garam, serta royco. Kadang pake gula dikit sama saos tiram. Terus, ketika sibuk ngaduk-ngaduk layaknya chef profesional, gue akan ambil sendok buat nyicipin itu masakan atau manggil anak-anak yg ga sibuk buat nyicipin, kurang apalagi ya.

Gue selalu semangat ketika mereka bilang masakan hari ini spesial, dan gue bisa masukin masakan itu ke kotak bekal dan bawain ke perpustakaan, buat siapa hayo? ya buat mbak juke lah yang sering lupa sarapan karena makanan nya belum mateng. maafin kita ya mba

8. Gue kangen makan di nampan, di panci, di satu piring rame-rame. Kangeeen banget ketika kita berebutan lauk, perang-perangan sendok, dan ngerjain siapapun buat ambil air minum. Biasanya sih gue kode-kode, "duh seret nih" , "eh kayanya harus ada relawan yang ngambil minum" hahaha dan kode gue pasti selalu berhasil karena adik-adik pasti nurut sama mbak nya wkakaka

9. Gue kangen ditanyain "ada kuliah hari ini mbak?" , "mbak ade udah makan?", "mbak ade darimana?", "mbak ade abis syuro ya?". Gue kangen banget sama bentuk perhatian adik-adik ataupun mbak-mbak gue yang dikontrakan. Selalu ramah sama gue , selalu baiiikk bak malaikat turun dari langit

10. Dan yang terakhir di postingan part 1 ini, gue kangen pelukan mereka ketika gue sakit, gue kangen pijitan mereka ketia gue drop, gue kangen ketika dijenguk kalau gue abis jatoh. Gue kangen semua yang pernah mereka berikan buat gue, semuanya apapun itu meskipun itu hal sedih yang bisa bikin gue nangis kala itu, tapi gue kangen bangettttttt..


Mungkin 10 hal dulu yang bisa gue share disini, masih banyak yang belum gue tulis, biar bisa jadi banyak part. Tunggu #tentangkontrakan part 2 yaa..

nb : buat kalian sahabat-sahabat ade di kontrakan yang baca ini, semoga bisa ikutan mengenang masa-masa seru bareng-bareng di kontrakan yah, 

at least, i love you ukhti...

4 komentar:

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates