Minggu, 06 Mei 2018



Assalammualaikum teman-temaan..

Hari ini, ahad 6 Mei 2018 jam 10.00 pm
gw menulis ini 2 jam sebelum berganti hari.
kalau sekarang H-10 Ramadhan, berarti 2 jam lagi, kita akan siap-siap menuju H-9 Ramadhan
MasyaAllah.. bahagia banget, kalau Ramadhan yang ditunggu selama 11 bulan lamanya, bakalan datang.
Kalian bahagia juga gak? kalo 'iya' mari kita #tos.

***
Kali ini, gw mau cerita atau sharing tentang Persiapan Ramadhan.
Percayalah, di 9 hari terakhir bulan sya'ban ini, semoga ada catatan amal kita dalam mempersiapkan Ramadhan.

Buat gw, Ramadhan itu istimewa. Dia datang dengan suka cita, dan dia hadir spesial untuk orang-orang yang bertaqwa.

Tadi sore, dilingkaran kecil yang biasa gw ikutin sepekan sekali, guru gw ngisi materi tentang
"4 Persiapan Menjelang Ramadhan"
dan menurut gw, ilmu itu gak boleh di save sendirian, harus dibagi-bagi apalagi yang seneng mau dateng Ramadhan bukan gw sendiri, tapi kalian juga yang lagi baca pastinya seneng kan bakalan ketemu Ramadhan?

Oia ada 4 persiapan yang harus kita siapkan buat bertemu dengan Ramadhan, kalau kita ke sekolah atau ke kantor aja ada persiapan nya, masa buat ketemu Ramadhan kita gak nyiapin apa-apa? malu dong sama malaikat yang tiap detik catet amal amal kita?

Udah siap untuk tau? apa yang harus kita siapkan untuk ketemu Ramadhan? Jangan stop baca sampai sini yaaa..


  1. Persiapan Ruh atau Iman
http://indowarta.com/wp-content/uploads/2017/05/ilustrasi-shalat-tarawih-dan-witir.jpg

Ini adalah persiapan yang pertama dan utama buat ketemu si Ramadhan, dan ini juga modal awal kita berpuasa "IMAN" , sering denger kan? Q.S Al-Baqarah 183?
Allah bilang sama kita :
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”
Kata Allah, Hai orang-orang yang Beriman.
atau bahasa zaman now nya gini "Hai ummatku yang beriman, puasa itu wajib ya, karena generasi zaman old juga udah diwajibkan, biar apa? biar kamu bertaqwa"
Jadi Tujuan kita berpuasa itu, agar kita mencapai derajat Taqwa. Dalam menjalani proses itu, pastinya banyak kan rintangan-rintangan yang datang? entah dari mana, pasti sering kan? lihat orang yang sudah tua renta, tapi semangat puasanya tinggi? tarawih 23 rakaat pun? bahkan yang sampai ngebut-ngebut-an para kakek dan nenek ini bisa semangat. Tapi, pernah liat juga kan? anak muda yang kokoh, puasanya sering 'mokel' atau bolong, tarawih nya apalagi, 11 rakaat aja suka ngeluh' karena pegel. Tau gak yang bikin nenek atau kakek kita bisa lebih hebat dibanding anak muda yang kuat? jawabannya cuma satu ''Iman".

Selanjutnya, dalam persiapan ruh atau iman. Baiknya kita mensucikan hati, banyak-banyak istighfar, jangan lupa bayar hutang, jangan bikin orang lain kesel sama kita, dan banyak hal-hal lain yang bisa kita lakukan dalam menyucikan hati.

Dan yang terakhir, dalam persiapan menyambut ramadhan. Banyakin silaturahim ya , percayalah dibalik silaturahim akan banyak keajaiban-keajaiban yang datang.

  • 2. Persiapan Fisik
http://www.zabugar.com/wp-content/uploads/aktivitas-fisik-30-menit.jpeg

Persiapan selanjutnya ialah fisik kita, baiknya sebelum Ramadhan tiba kita sudah menjaga diri agar fisik ini siap. Gak mau dong, dihari pertama kita sahur, di hari pertama kita ibadah di bulan Ramadhan, hari pertama puasa dan berbuka, tapi tubuh kita sakit? pasti gak akan maksimal ibadahnya. Untuk itu, pastikan apapun yang masuk kedalam tubuh kita mulai detik ini, itu sesuai ya, yang halal, bersih, berkah, sehat, dan thayyib.

Kurang-kurangi makanan yang tidak jelas, jangan menjemput penyakit lho, karena kita akan bertemu Ramadhan yang tidak setiap bulan datang nya, kan sayang kalo harusnya kita bisa optimal ibadah, tapi malah sakit :(

  • 3. Persiapan Harta


Nah ini juga penting, tentang Harta.
Teman-teman tau kan? di bulan Ramdhan pahala kita lagi banyak-banyak nya?
kalau di hari biasa kita infaq cuma 2ribu, coba deh di bulan Ramadhan kita maksimalin infaq nya, niat nya cuma satu, biar dapet pahala dan bisa masuk Surga

bukannya Surga tujuan kita ada di dunia?
Terus, di bulan Ramadhan besok, biar maksimal dalam memanen pahala, yuk kita buat target kecil-kecilan, contohnya :
"Setiap hari di bulan Ramadhan, gw harus shodaqoh berapa ya?"
atau
"Hari ini mau kasih ta'jil atau makanan berbuka ke siapa ya?"

Intinya, di 30 hari spesial besok (Ramadhan), kita bisa maksimal menggunakan harta yang kita miliki untuk memanen pahala, semoga Allah memudahkan target-target kita ya.

  • 4. Persiapan Ilmu

Sering denger kan "yang menyempurnakan amal itu ilmu"
Nah, sebelum ramadhan tiba, jangan lupa dibaca lagi buku-buku tentang Ramadhan,
tentang fiqh puasa, agar apa? agar ketika kita melakukan ibadah2 di bulan Ramadhan, kita gak hanya praktek aja, tapi kita tau dasar nya, kita paham kenapa sih harus sahur? kenapa kalau puasa gak boleh ini? gak boleh itu? dan lain sebagainya

InsyaAllah masih ada waktu buat kita baca-baca lagi, atau tanya sama guru-guru kita tentang Ramadhan, kalau ada kajian tentang Ramadhan jangan lupa dateng ya, biasanya bakalan banyak tarhib ramadhan, semoga Allah memberikan kita waktu untuk belajar lebih banyak lagi.

Naaah, itu 4 persiapan yang bisa gw share disini, mungkin masih banyak ya persiapan-persiapan lain yang belum tertuang, kalau temen-temen punya tips2 dalam mempersiapkan ramadhan, bisa komen dibawah nih.

Terus, tulisan ini sama sekali tidak ada niat menggurui, beneran cuma pengen sharing, dan sebenernya gw nulis ini juga buat diri gw sendiri 'reminder for my self'


Semoga ada manfaat yang bisa diambil, 
kalau ini baik, mari kita tebarkan kebaikan nya. Boleh di copas, di share, di broadcast kemana-mana, asalkan mencantumkan source nya..

Sampai bertemu ditulisan berikutnya,
Syukron

Wassalammualaikum..

1 komentar:

www.handdriati.com

REPLY

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates