Selasa, 06 November 2018


Di suatu sore di hari minggu, ada salah satu temen gue yang masih kuliah semester 1 atau 2, gue lupa tepatnya berapa kalau sekarang, ketika itu wajahnya tampak muram, terus kan gue dan yang lain ga mungkin diem aja kan lihat dia kaya gitu, akhirnya kita tanya tuh "kamu kenapa hee?" terus dia masih diem aja, sampai akhirnya dia bilang "aku capek kuliah kak, aku mau berhenti aja, gak kuat aku sama tugas-tugas nya".

Well, mendengar ucapan dia seperti itu, gue langsung diem dan berfikir kaya flashback masa-masa kuliah dulu, disaat temen-temen gue yang lain langsung pada kasih semangat ke temen gue yang baru mulai kuliah itu, disitu gue masih diem aja.

Ada satu hal yang gue yakini sampai detik ini, ada satu kata yang bisa buat kita lulus kuliah
"SEMANGAT"
Mungkin bagi sebagian orang, semangat aja gak cukup buat menyelesaikan tugas-tugas dan kuliah yang waktunya gak sebentar, tapi gue percaya dengan semangat dan gak pantang menyerah kita pasti bisa menyelesaikan apapun. Bismillah

Emang sih, kuliah itu gak gampang, dari tugas-tugas nya, ngatur waktu nya, project-project dan yang paling ditakutkan semua mahasiswa S1 ialah tugas akhir atau skripsi. Tapi kalian harus percaya, ketika kalian memulai sesuatu kalian harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan itu. Begitupun dengan kuliah, seberat apapun proses yang bakalan dilewatin pasti kita bisa kok menyelesaikannya.

Kalau kalian yang baca ini masih pada kuliah,
dan ngerasa (kenapa ya? kok gue gak lulus-lulus?, kenapa ya? kok tugas nya semakin hari semakin banyak dan gak masuk akal?, kenapa ya? rasanya waktu 24 jam itu gak cukup buat ngerjain semua tugas-tugas ini, dan lain-lain) jawaban nya cuma satu kalimat :
Senyumin aja dulu :) Semester lalu juga gini kan tugasnya? bisa gak laluin nya? bisa kan? Kalau buat skripsi, dia aja bisa sidang masa gue enggak. Pasti bisa lah.
Setiap orang mungkin berada di titik start yang sama ketika memulai kuliah, tapi punya finish yang beda-beda, kalau diibaratkan dengan lari marathon gak semua kan perlari juara 1, begitupun dengan kita, ya gapapa kalau dia lulus duluan, tapi kita janji buat tetap lari dan gak menyerah.

Kembali ke cerita temen gue diawal, ada beberapa hal yang pengen gue ceritain pas perjuangan masa-masa kuliah dulu, gue selalu percaya setiap mahasiswa pasti punya ujian nya masing-masing ketika berada di kampus, begitupun dengan gue.

Dulu awal-awal kuliah, disaat seorang mahasiswa Informatika, dari semester 1 aja udah diwajibkan punya laptop sendiri, gue waktu itu belum punya. Karena dulu ketika SMA, gue pakenya pc yang ada di rumah dan gak bisa dibawa kemana-mana, dan Qadarullah ketika udah punya laptop dibelikan oleh orangtua yang harganya setengah harga motor, belum ada 2 bulan laptop gue hilang diambil orang pas sholat. Terus di semester 2 itu gue harus berjuang kuliah tanpa laptop, belajar ngoding java di laptop temen-temen asrama yang laptop nya bukan laptop anak IT, jadi bener-bener install semuanya dari awal, dan seminggu bisa berkali-kali pinjem laptop temen-temen buat dateng ke kelas atau pas praktikum.

12 bulan setelah berjuang kuliah dengan pinjem laptop temen, dan nabung dari uang kiriman bulanan, Alhamdulillah bisa dapet sekitar 3,5 juta buat beli laptop baru, karena bener-bener udah ribet banget karena udah susah buat pinjem-pinjem laptop temen. Terus, setelah beli laptop belum ada 1 tahun, Allah uji gue lagi dengan laptop itu diambil orang di Bus. 2x coy kehilangan laptop, yang satu bener2 beli pake duit sendiri dengan menabung setahun, harus meng-cut uang makan, uang laundry dan jadi nyuci sendiri.

Kadang mau menyalahkan diri sendiri yang sungguh tidak hati-hati, tapi rasanya itu udah takdir yang Allah tulis buat gue. Semester 4 gue laluin dengan semangat walaupun kondisinya sempet terpuruk, gue tetep berusaha buat bertahan di informatika, belajar coding dan semua mata kuliah yang sampai saat ini sering gue rindukan.

Tapi ternyata Allah memberikan gue pelajaran dan hadiah, Alhamdulillah gue bisa selesai tepat waktu, gue bisa terus melanjutkan kuliah gue dengan baik, meskipun udah bukan capek lagi, tapi lumayan banyak air mata di tahun-tahun awal kuliah.

Semua ada prosesnya, semua ada hasilnya
Kadang kita gak pernah tahu di langit bakalan turun hujan atau tetap panas
tapi setidaknya kita dibawah selalu mempersiapkan segalanya
kalau hujan ada payung,
kalau panas berlindung di gedung

Begitupun dengan kuliah,
kadang kita gak pernah tahu ada rencana apa dari langit
hari ini capek, besok kita senang
hari ini nangis, besok kita ketawa

Bersama kesulitan ada kemudahan
Semoga dalam menyelesaikan semua proses ini
kamu bisa tetap bertahan, gapapa kok kalau mau mengeluh
asal tetap terus mengayuh

Gapapa kamu menyerah sebentar, tapi jangan lupa untuk bangkit
Kalau udah gak ada alasan buat bangkit
Inget, ada doa orang tua yang tiap hari jadi pengingat
"Nak, semoga kita bisa foto bareng pas kamu pake toga ya"

***
Terimakasih buat teman-teman yang baca,
semoga ada manfaat nya,
Ayo cerita di kolom komentar, dulu pas kuliah pernah dapet ujian dari langit berbentuk apa?

Bye
With <3
Sofiarani

8 komentar:

  1. Sukaaaak! Terimakasih remindernya ade^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallooo Parpla (:
      terimakasih sudah membaca

      Sama-sama yaa"
      Semoga Bermanfaat :))

      Hapus
  2. Baru tau... Ternyata sekeras itu perjuangan Ade awal kuliah dulu. Tu lah ya, Qt ga pernah tau hal-hal apa pastinya yang dialami seseorang; Yang kita tau dia fine aja gapernah ngeluh, hidupnya baik-baik saja.

    Insyaallah selalu ada rizqi baik yang Allah kasih sama orang-orang yang selalu bersyukur ala kulli hal, "menyembunyikan" uji yng sedang Allah beri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe berarti aku jarang cerita ya dulu? wkwk
      Alhamdulillah mbak, rencana Allah pasti yang terbaik

      Hapus
  3. eh, aku belum lulus de.
    tambah sedih baca ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Zaki
      Thankyou yah udah baca..
      hehe jangan sedih atuh, ayo dong semangat..
      bisa kok lulus tahun ini..

      Hapus
  4. Kak makasih pesan dituliskannya aku sekarang baru semester 2 dan lagi ujian aku ngerasa lelah dan sama tstress banget tugas dan mau ujian 😚 ada ketakutan dalam diri tapi aku bingung buat ngatasin nya lumayan abis baca ini jadi dapet motivasi lagi 😊

    BalasHapus

Ade Sofiarani . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates